PROFIL Dr. Mukh Nursikin., M.SI
CURRICULUM VITAE
A. IDENTITAS DIRI
1. |
Nama Lengkap
dengan Gelar |
Dr. H. Mukh Nursikin.,
M.SI |
2. |
NIP |
197609142016081001 |
3. |
Tempat,
tanggallahir |
Kendal, 14
Nopember 1976 |
4. |
Alamat |
Jl. Golo No. 34
Pandeyan Umbulharjo Yogyakarta |
5. |
Agama |
Islam |
6. |
Jeniskelamin |
Laki-laki |
7. |
NIDN |
05.141176-01 |
8. |
Status |
Dosen Tetap IAIN Salatiga |
9. |
Nomer Hp |
081 826 3748 |
10. |
Alamar Email |
|
11. |
Pangkat/Gol/NIP |
Pembina Tingkat I, Golongan VI A |
12. |
Jabatan Fungsional |
Lektor Kepala |
13. |
Jabatan Pokok |
Dosen Pascasarjana |
14 |
Jabatan Pendukung |
Sekretaris Program
Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana IAIN
Salatiga |
15. |
Perguruan Tinggi |
IAIN Salatiga |
16. |
Alamat Kantor |
Jl.Lingkar
Salatiga Km 02 Sidorejo Salatiga |
B. RIWAYAT PENDIDIKAN
|
S1 |
S2 |
S3 |
Nama Perguruan Tinggi |
IAIN Sunan
Kalijaga Yogyakarta |
UIIYogyakarta |
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
Bidang Keilmuan |
Pendidikan Agama
Islam |
Pendidikan Islam |
Studi Islam/pendidikan Islam |
Tahun Masuk – Lulus |
1999-2002 |
2002-2004 |
2012- 2015 |
Judul
Skripsi/Tesis/Disertasi |
Upaya Guru Agama Islam dalam meningkatkan pengamalan nilai- nilai Islam di SMU negeri
5 Yogyakarta |
Model Pengembangan
Kurikulum Pendidikan Madrasah Aliyah Negeri Yogyakarta
III “Studi Tentang Pengembangan Kurikulum Pendidikan |
Model Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Di MAN Yogyakarta III Dan
SMA Muhammadiyah I Yogyakarta |
Nama
Pembimbing/promotor |
Dr. Sukiman, M.Pd |
Prof. Dr.
Barnadib,. M.Pd Prof Dr. Usman Abu
Bakar, MA |
Prof. Dr. Sutrisno.,
M.Ag Prof. Dr. Anik
Ghufron,., MA |
C. PENGALAMAN ORGANISASI
1. |
Pengurus PP. Annur Kersan
Pegandon Kendal |
2. |
Pengurus PP Darul Falah
Jekulo Kudus |
3. |
Pengurus Remaja Masjid
Kota Yogyakarta |
4. |
Pengurus MUI Kota
Yogyakarta |
5. |
Pengurus/Pengajar PP
Fauzul Muslimin Kotagede Yogyakarta |
6. |
HMI IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta |
7. |
Ketua takmir masjid Annur
Pabelan Kab. Semarang |
8. |
Pengasuh Pondok Pesantren
Modern Annur Pabelan Kab Semarang |
9. |
Pembina Yayasan YPI Annur
Insani Yogyakarta |
10. |
Asosiasi Masjid Kampus
Indonesia (AMKI) |
D. Pengalaman Penelitian 5 Tahun Terakhir
No. |
Tahun |
Judul Penelitian |
Sumber/Pendanaan |
1. |
2015 |
Ahlak Dosen Kesehatan dalam Prespektif Islam |
Hibah Yayasan Bhakti sosial/ 5 juta |
2. |
2016 |
Aliran-Aliran
Filsafat Pendidikan Dan Implementasinya Dalam Pengembangan Kurikulum
Pendidikan Islam |
Pribadi |
3. |
2017 |
Pengembangan
Kurikulum Pendidikan Islam Sebagai Paradigma Pembebasan (Studi Pendekatan Progresivisme) |
Pribadi |
4. |
2018 |
1.
Eksistensi Madrasah dan Sekolah Islam sebagai
Lembaga Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional (Studi Kasus di MAN
Yogyakarta III dan SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta) 2.
Terminology of Indonesia Islamic Education in plurality discourse |
Hibah Pribadi |
5. |
2019 |
1.
Islamic Education In Plurality Discourse State
Institute For Islamic Studies (Iain) Salatiga 2.
Strategi Madrasah sebagai lembaga pendidikan untuk
membangun masyarakat madani di MAN III Yogyakarta |
Hibah LP2M IAIN Salatiga 15 Juta |
6. |
2020 |
1. The Strategy of
Madrasah in Developing Civil Society at State Islamic Senior High School III
Yogyakarta |
Pribadi |
7. |
2020 |
1.
Maqasid (Goals) Of Prophet’s Sunnah In Between Of
Normative Theory And Objectivity Practice: A Case Study |
Hibah |
|
2020 |
Respons Madrasah Terhadap Tantangan
Dunia Pendidikan Menuju Revolusi Industri 4.0 di Madrasah Aliyah Negeri Kota
Yogyakarta dan Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Semarang |
LP2M |
8. |
2021 |
Internalisasi Nilai-Nilai Al-Quran Dalam Membangun
Masyarakat Madani (Civil Society) Di Pondok
Pesantren Modern An-Nur Pabelan Kabupaten Semarang |
Kemenag?LP2M |
9. |
2022 |
Strategi
Revitalisasi Pesantren Era Society 5.0 Di
Pondok Pesantren Modern An-Nur Pabelan Kab Semarang Dan Pondok Pesantren
Darul Falah Kudus Jawa Tengah |
Kemenag/LP2M |
E.
Pengalaman Pengabdian masyarakat 5 Tahun Terakhir
1. |
2015 |
Penyuluhan keagamaan dan
pelatihan adzan |
Pribadi |
2. |
2016 |
Konseling Agama dalam penanggulangan kenakalan remaja warga NU diYogyakarta |
Pribadi |
3. |
2017 |
Pelatihan Imam dan khotib dalam kesholihan sosial |
Pribadi |
4. |
2018 |
Penyuluhan komprehensip dalam beragama dan sosial di pabelan |
Yayasan YPI/Pribadi |
5. |
2019 |
Penyuluhan
komprehensip dalam islam untuk membentengi paham-paham radikalisme dalam
islam di desa kauman lor bejaten pabelan kab, semarang jawa tengah |
Pribadi |
6. |
2020 |
Pelatihan
perawatan janazah, teori dan praktik di bringin kabupaten semarang jawa
tengah |
Pribadi |
7. |
2021 |
Konseling agama
dalam meningkatkan pemahaman al-quran dalam kehidupan sehari-hari di Pondok
Pesantren Annur Kendal Jawa Tengah |
Pribadi |
8. |
2022 |
Living quran
sebagai jalan menuju pribadi muslim sejati di pondok Pesantren Modern annur
Pabelan kab semarang |
Yayasan YPI Annur |
P. Publikasi Artikel dalam 5 Tahun Terakhir
No. |
Tahun |
Judul
Penelitian |
Nama
Jurnal |
1. |
2015 |
Ahlak Dosen Kesehatan
dalam Prespektif Islam |
|
2. |
2016 |
Aliran-Aliran
Filsafat Pendidikan Dan Implementasinya Dalam Pengembangan Kurikulum
Pendidikan Islam |
ATTARBIYAH: Journal of Islamic
Culture and Education 1 (2), 303- 334 |
3. |
2017 |
Pengembangan
Kurikulum Pendidikan Islam Sebagai Paradigma Pembebasan (Studi Pendekatan
Progresivisme) |
ON INDONESIAN
ISLAM, EDUCATION AND SCIENCE (ICIIES) 2017, 795 |
4, |
2018 |
1. Eksistensi Madrasah dan Sekolah Islam sebagai Lembaga Pendidikan
Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional (Studi Kasus di MAN Yogyakarta III dan
SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta) |
Istawa: Jurnal
Pendidikan Islam 3 (1), 27-58 |
|
2. Terminology of Indonesia Islamic Education in plurality discourse |
ATTARBIYAH 28, 17-40 |
|
5. |
2019 |
Islamic Education
In Plurality Discourse State Institute For Islamic Studies (Iain) Salatiga |
Ri’ayah: Jurnal
Sosial dan Keagamaan 4 (02), 123-135 |
6. |
2020 |
The Strategy of Madrasah in
Developing Civil Society at State Islamic Senior High School III Yogyakarta |
(SINTA 2) Al-Ta
lim Journal Vol 27 No. 3 291-305, 2020 Link: https://www.journal.tarbiyahiainib.ac.id/index.php/attalim DOI: 10.15548/jt.v27i3.644 |
7. |
2020 |
Maqasid (Goals) Of
Prophet’s Sunnah In Between Of Normative Theory And Objectivity Practice: A
Case Study |
(Q3)PalArch’s Journal of
Archaeology of Egypt/Egyptology 17(6), 8385-8406, 2020 2020-12-02 Vol. 17 No. 6 (2020): PalArch’s Journal of
Archaeology of Egypt/Egyptology Link: https://archives.palarch.nl/index.php/jae/article/view/2254 |
7. |
2020 |
Islamic Education in Plurality Discourse
State Institute for Islamic Studies (IAIN) Salatiga |
(SINTA 4) Ri’ayah; Jurnal Sosial dan Keagamaan P-ISSN: 2538-049X , E-ISSN: 2548-6446 Vol 4 No. 2, 2019 Link: https://e-journal.metrouniv.ac.id/index.php/riayah/article/download/1835/1463 |
8. |
|
Pembinaan Keagamaan untuk Meningkatkan
Kecerdasan Spiritual pada Santri Usia Lanjut di Pondok Pesantren Raden Rahmat
Banyubiru Kabupaten Semarang |
Jurnal Ilmiah Citra Ilmu P-ISSN: 1979-5866 , E-ISSN: 2722-1547 Vol 16 No
32 (2020): Jurnal Ilmiah Citra Ilmu: Kajian Kebudayaan dan Keislaman / Published: 2020-10-31 Link: http://ejournal.stainutmg.ac.id/index.php/JICI/issue/view/13 http://ejournal.stainutmg.ac.id/index.php/JICI/article/view/89 |
9. |
2021 |
Model dan
Strategi Pendidikan Nilai Pada Generasi Milenial di Madrasah Negeri Salatiga
Jawa Tengah |
|
10. |
|
Vol 17 No 33 (2021): Jurnal Ilmiah Citra Ilmu: Kajian
Kebudayaan dan Keislaman Sinta 4 http://ejournal.inisnu.ac.id/index.php/JICI/article/view/96 |
|
11. |
2021 |
|
DOI: http://dx.doi.org/10.21043/quality.v9i2.11649 Sinta 4 https://journal.iainkudus.ac.id/index.php/Quality/article/view/11649 |
12 |
2022 |
Integrasi Pendidikan Nilai
dalam Pembelajaran dari Segi Perspektif Ki Hajar Dewantara dan John Dewey |
DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v5i4.560 Sinta 4 Vol. 5 No. 4 (2022): JIIP - Jurnal
Ilmiah Ilmu Pendidikan http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/560 |
E.
Pemakalah/Seminar dalam 5 Tahun Terakhir
No. |
Nama Pertemuan |
Ilmiah |
Tempat dan Tahun |
1. |
Seminar pimpinan
PT |
Seminar
Ilmiah |
Universitas sanata darma
Yogyakarta, 2015 |
2. |
ICONIS |
Presenter |
IAIN Salatiga, 2017 |
3. |
Lokarya |
Peninjauan |
FTIK IAIN Saltiga, |
|
|
Kurikulum KKNI |
2017 |
3. |
REVIEV
KURIKULUM |
PGMI Pascasarjana |
IAIN Salatiga 2018 |
4. |
ICONIS |
Presenter |
IAIN Salatiga 2019 |
|
Lokarya |
Fakultas
tarbiyah |
IAIN
Salatiga 2019 |
5. |
MICIS IAIN METRO |
As
Presenter |
IAIN
Metro 2019 |
6. |
Kuliah Umum
diPascasarjana |
Dosen
Tamu/Pakar |
UIN
Gunungjati 2019 |
7.
|
GPAI |
Narasumber |
Kemenag
Salatiga 2020 |
8. |
Interdisiplinary
colloquium |
narasumber |
Pascasarjana
IAIN Salatiga 2020 |
F. Karya Buku
]
No. |
Judul
Buku |
Penerbit |
Tahun |
1. |
Eksistensi
Madrasah dan Sekolah Islam sebagai Lembaga Pendidikan Islam (Telaah Kritis
Pendidikan Islam) |
Cetakan I: 2019, viii + 118 hlm. ISBN: 978-602-5916-27-4 Penerbit: Lembaga
Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga |
2019 |
2. |
Islam Paripurna Rahmatan
Lil Alamiin |
Cetakan I: 2020, ISBN: 978-602-1271-56-8 Penerbit: Kreasi Total MediaYogyakarta |
2020, |
3. |
Modernisasi
Pesantren Inovasi Dan Internalisasi
Transformatik |
Cetakan I: 2019, ISBN: 978-602-1271-76-6 Penerbit: Kreasi Total Media Yogyakarta |
2019 |
4. |
Dinamika Pesantren
Dan Tantangan Modernitas |
Cetakan I: 2020, ISBN: 978-602-1271-78-0 Penerbit: Kreasi Total Media Yogyakarta |
2020 |
5. |
Integrasi Agama, Ilmu dan Filsafat |
Cetakan I: 2020, 15,5 x 23; vi + 156 hlm. ISBN:
978-602-5916-84-7 Penerbit: Lembaga Penelitian dan
Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Salatiga |
2020 |
6. |
Studi Islam
Interdisipliner Holistik dan Komprehenshif |
Cetakan I; 2021 ISBN Penerbit Total Media Yogyakarta |
2021 |
7. |
Dialitika Islam dan
Multikulturalisme |
Cetakan I; 2022, ISBN
978-623-6553-29-9 Penerbit Laksbang Pressindo Yogyakarta |
2022 |
8. |
Ilmu Pendidikan Islam
|
Cetakan I, 2022 Total Media, ISBN |
2022 |
G. Karya yang dipatenkan
H.
No. |
Karya
|
Nomor
Pencatatan |
Tahun |
1. |
Membuat Karya Ilmiah yang
telah dipatenkan Judul: Model Pengembangan
KurikulumPendidikan Islam Komprehensif Sebagai Paradigma Pembebasan (Studi
Pendekatan Progresivisme, Konstruktivisme, Humanisme)) |
Sertifikat Hak Kekayaan
Intelektual dari Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia. Nomor Pencatatan: 05761 |
2019 |
2. |
Membuat Karya Ilmiah yang telah dipatenkan Judul: Eksistensi
Madrasah Dan Sekolah Islam Sebagai Lembaga Pendidikan Islam (telaah Kritis
Pendidikan Islam |
Sertifikat Hak Kekayaan
Intelektual dari Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia. Nomor Pencatatan: 000191121 |
2020, |
3. |
Membuat Karya Ilmiah yang telah dipatenkan Judul: Strategi
Madrasah Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Dalam Membangun Masyarakat Madani
Di MAN III Ygyakarta |
Sertifikat Hak Kekayaan
Intelektual dari Kementerian Hukum dan Hak Azazi Manusia. Nomor Pencatatan: 000191173 |
2019 |
Komentar
Posting Komentar