UAS STUDI ISLAM INDONESIA 2021

 

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER

TAHUN AKADEMIK 2021/2022

 

 

Nama Mata Kuliah               :  STUDI ISLAM INDONESIA

Satuan Kredit Semester        :  2 sks

Kelas                                       :  2A DAN 2B                                              

Hari/Tanggal                         :   KAMIS, 24 Juni  2021

Dosen                                      : Dr. H. Mukh Nursikin., S.Ag., M. Si., M.Pd.      

 

 

 

Perhatian         : 1. Ujian Open Book

                          2. Jawaban ditulis pada lembar jawab (diketik komputer)

                                  3. Tuliskan nama dan NIM Anda

  4. Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan cermat dan cerdas!

                                 5. Kumpulkan Jawaban kepada ketua pada hari sesuai dengan jadwal UAS.

                                 6. Semua jawaban UAS dijadikan satu dalam satu folder dikoordinir ketua kelas,

     dikirimkan melalui Email dosen dengan alamat email:

     ayahnursikin@gmail.com atau WA 081 8263748

 

 

1.     Anda sudah mempelajari Studi Islam Indonesia, Coba Anda jelaskan apa saja manfaat mempelajari Studi Islam Indonesia?, jelaskan pengertian Studi Islam Indonesia dan Ruang lingkup Studi Islam Indonesia? Jelaskan..!

 

2.     Indonesia adalah Negara di Asia Tenggara sebagai tanah dengan populasi Muslim tertingi yang mencapai hingga 12,7% dari populasi dunia. Dari 260 juta penduduk Indonesia, dilaporkan setidaknya 88,1% beragama Islam. Populasi muslim di Indonesia menempati urutan pertama dari sekian banyak negara Islam di dunia, padahal Indonesia bukanlah Negara berbasis Islam. Dalam konteks ini adalah Studi Islam Indonesia. jelaskan dan analisislah pernyataan dibawah ini?

a)     Mengapa/untuk Studi Islam Indonesia perlu dikaji atau dipelajari?

b)    Apa yang menjadi dasar/ landasan Studi Islam Indonesia?

c)     Jelaskan Faktor penghambat dan pendukung Studi Islam Indonesia?

3.  Dalam rangka melacak Studi Islam Indonesia dengan periodisasinya terdapat beberapa fase, jelaskan dengan komprehenship pernyataan dibawah;

a)    Islam dan akulturasi budaya,

b)   Kebudayaan dan Seni Islam Indonesia,

c)    Tradisi dan ritual keagamaan Islam di Indonesia

d)   Islam dan budaya jawa

e)    Dakwah walisongo dan penyebaran dakwaknya

 

4.     Di Indonesia terkenal dengan penduduknya yang mayoritas memeluk agama islam, budaya nya, alamnya yang luas dan hasil bumi yang banyak. Sejarah masuknya islam awalnya di bawa oleh pedagang Gujarat lalu di ikuti oleh pedagang arab dan Persia. Sambil berdagang mereka menyebarkan agama islam ke tempat mereka berlabuh di seluruh indonesia. Dalam konteks ini adalah Islam Indonesia dan modernitas, menurut anda bagaimana Urgensi Studi islam Indonesia? Jelaskan!

 

 

 

 

 

 

MAN JADDA WA JADA

(BARANG SIAPA YANG BERSUNGGUH-SUNGGUH PASTI AKAN BERHASIL)

SELAMAT MENGERJAKAN

Komentar

  1. Kerjakan dengan baik ya, semoga sukses selalu.. ikuti petunjuknya...lanjutkan...

    BalasHapus
  2. Apakah Anda mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang Anda inginkan? @ ASMARA HASAN LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman rumah dan pinjaman perusahaan di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan nasihat keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi ASMARA HASAN LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang apa pun yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis

    Bisnis Merchandising.
    Bisnis manufaktur
    Bisnis Hibrida.
    Kepemilikan tunggal
    Kemitraan.
    Perusahaan.
    Perseroan terbatas.
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Pinjaman Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Pinjaman mobil.
    Pinjaman mahasiswa.
    Pinjaman gaji.
    pinjaman Islam.
    Pinjaman pertanian.
    pinjaman gereja.

    PERUSAHAAN PINJAMAN ASMARA HASAN
    Email: asmarahasanloancompany@gmail.com                                   WhatsApp  +1 (802) 695-0723.Instagram: asmarahasanloancompany

    BalasHapus
  3. Halo Semuanya, nama saya Rida Yahya, saya ingin membagikan kesaksian hebat ini di sini di platform ini agar semua pencari pinjaman berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet

    Setelah beberapa lama mencoba untuk mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan terus ditolak, saya memutuskan untuk mengajukan pinjaman online tetapi saya tertipu dan kehilangan Rp. 14,4 juta, dari seorang pria di tempat yang tidak diketahui.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian memperkenalkan saya dengan Asmara Hasan, jadi teman saya meminta saya untuk memproses pinjaman saya dengan Asmara Hasan. Jadi saya menghubungi Bu Asmara melalui email: (asmarahasanloancompany@gmail.com) dan juga di WhatsApp: +1 (802) 695-0723
    Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp. 380 juta dengan bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan agunan dan keamanan untuk transfer pinjaman, saya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi untuk transfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 4 setengah jam, uang pinjaman saya telah dikreditkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya mendapat pemberitahuan dari bank saya bahwa rekening saya telah dikreditkan Rp. 380 juta. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dan Dia telah memberi saya keinginan hati saya.

    Semoga Tuhan memberkati Bu Asmara Hasan yang telah membantu memberikan kehidupan yang bebas dari tekanan keuangan bagi saya, oleh karena itu saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman dapat menghubungi Bu Asmara melalui email: (asmarahasanloancompany@gmail.com)
    atau melalui
    WA: +1 (802) 695-0723 untuk pinjaman Anda

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya yang sebenarnya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa kepada Tuhan untuk melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: (ridayahya1234@gmail.com)
    Salam pembuka

    BalasHapus
  4. Apakah Anda mencari pinjaman untuk memulai bisnis atau proyek yang Anda inginkan? Di KARINA ROLAND LOAN COMPANY, kami menawarkan semua jenis bantuan keuangan kepada semua individu yang membutuhkan pinjaman seperti "pinjaman pribadi, pinjaman investasi, pinjaman rumah dan pinjaman perusahaan di seluruh dunia, tingkat bunga kami adalah 2% per tahun. Kami juga memberikan nasihat keuangan dan bantuan kepada klien dan pelamar kami. Jika Anda memiliki proyek yang bagus atau ingin memulai bisnis dan membutuhkan pinjaman untuk membiayainya segera, kami dapat membicarakannya, menandatangani kontrak, dan kemudian mendanai proyek atau bisnis Anda untuk Anda bersama dengan Bank Dunia dan Bank Industri.

    Hubungi KARINA ROLAND LOAN COMPANY hari ini untuk mata uang apa pun yang Anda inginkan.

    Kategori Bisnis
    pinjaman pribadi.
    pinjaman investasi.
    Pinjaman Hutang.
    Pinjaman Rumah.
    Pinjaman hipotek
    Laon otomatis.
    Pinjaman mahasiswa.
    Pinjaman gaji.
    pinjaman Islam.
    Pinjaman pertanian.
    pinjaman gereja.

    PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ELENA ROLAND
    Email: karinarolandloancompany@gmail com
    Hanya WhatsApp  +1 (585) 708-3478. atau +1 323 230-9820
    Nama Facebook: Elena karina Roland
    Twitter: karina roland
    instagram : karina roland

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP DASAR ETIKA PROFESI KEGURUAN

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) FILSAFAT ILMU

UAS KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM