UAS Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai PASCASARJANA 2021
PROGRAM PASCASARJANA PROGAM STUDI PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI (IAIN) SALATIGA
SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER
TAHUN AKADEMIK 2021/2022
Nama Mata
Kuliah : Pendekatan
dan Strategi Pendidikan Nilai
Satuan Kredit
Semester : 3 sks
Kelas :
PAI Pascasarjana
Hari/Tanggal : Sabtu,
25 Juni 2021
Dosen : Dr.
H. Mukh Nursikin., S.Ag., M. Si., M.Pd.
Perhatian :
Ujian Open Book
1.
Jawaban ditulis pada lembar jawab (diketik
komputer)
2.
Tuliskan nama dan NIM Anda
3.
Jawablah pertanyaan- pertanyaan tersebut dengan cermat dan cerdas!
4.
Kumpulkan Jawaban kepada ketua pada hari
sabtu sesuai dengan jadwal UAS.
5.
Semua jawaban UAS dijadikan satu dalam satu
folder dikoordinir ketua kelas,
dikirimkan melalui Email dosen dengan alamat email: ayahnursikin@gmail.com /WA
0818263748
1.
Anda sudah mempelajari Pendekatan dan
Strategi Pendidikan Nilai, Coba Anda jelaskan apa saja manfaat mempelajari
Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai?, jelaskan pengertian Pendekatan dan
Strategi Pendidikan Nilai?, dan Ruang lingkup Pendekatan dan Strategi
Pendidikan Nilai? Jelaskan..!
2.
Pendidikan adalah proses memanusiakan
manusia. Untuk meraih derajat manusia seutuhnya sangatlah tidak mungkin tanpa
melalui proses pendidikan. Dalam konteks ini pendidikan nilai (karakter)
memainkan peran penting dalam memandu guru untuk melaksanakan tugas sebagai
pendidik dalam melayani kebutuhan kegiatan belajar mengajar disekolah, juga
dimaksudkan sebagai langkah awal sebelum proses pembelajaran berlangsung. jelaskan
dan analisislah pernyataan dibawah ini?
a.
Mengapa/untuk Pendekatan dan Strategi
Pendidikan Nilai perlu dikaji atau dipelajari?
b.
Apa yang menjadi dasar/ landasan
Pendidikan Nilai?
c.
Bagaimana cara merencanakan Pendidikan
Nilai disekolah/madrasah?
3. Fakta
mengatakan bahwa negara-negara Islam tertinggal jauh dengan negara selain
Islam, baik itu dari segi pendidikan, ekonomi, produksi maupun kualitas sumber
daya manusianya. Fenomena ini dilukiskan seorang penulis Muslim Syria yang
bernama Amir Syakib Arsalan, dia menulis sebuah buku “Limadza
Ta’akhara al-Mislimun, Wa Limadza taqaddama Ghairuhum”? Jelaskan
mengapa demikian ambil kacamata akademik Pendekatan dan Strategi
Pendidikan Nilai! Serta Upaya-upaya apa yang harus dilakukan? berikan
argumentasi/interpretasi anda?
4.
Berdasarkan interpretasi para ahli
Pendidikan, dewasa ini telah banyak menyajikan model-model Pendidikan Nilai.
Dimana setiap model memiliki kekhasan tertentu baik dilihat dari keluasan
pengembangan Pendidikan Nilai itu sendiri maupun dilihat dari tahapan
pengembangannya sesuai dengan pendekatannya. Jelaskan 3 model Pendidikan Nilai
(karakter) disekolah anda atau dimana saja yang anda ketahui. dan berikan
argumentasi anda tentang kelebihan dan kekuranganya?
5.
Dalam implementasi Pendidikan
Nilai diperlukan langkah-langkah konkrit sebagai berikut yaitu
perencanaan, pelaksanaan, implemetasi dan evaluasi, jelaskan?
6.
Hambatan-hambatan/kesulitan-kesulitan
Pendidikan Nilai (karakter) dapat terjadi dilembaga pendidikan dimana saja,
menurut anda dampak/hambatan-hambatan apa saja yang dapat mempengaruinya,
jelaskan? Dan solusi konkrit?
MAN JADDA WA JADA
(BARANG SIAPA YANG BERSUNGGUH-SUNGGUH PASTI
AKAN BERHASIL)
SELAMAT MENGERJAKAN
Terima Kasih Infonya Bapak 🙏
BalasHapuskhaer, sama2 mas semoga sukses selalu, lanjutkan...
Hapusmatur suwun bapak..
BalasHapusterimakasih bapak
BalasHapusNggih Pak. Terima Kasih.
BalasHapusNgeh pak, terimakasih
BalasHapus