Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai (Pascasarjana)
PROGRAM PASCASARJANA PROGAM STUDI PENDIDIKAN
AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM
NEGERI (IAIN) SALATIGA
SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER
TAHUN AKADEMIK 2020/2021
Nama Mata
Kuliah : Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai
Satuan Kredit Semester : 3 sks
Kelas : PAI Pascasarjana
Hari/Tanggal : Sabtu, Juni
2020
Dosen : Dr. H. Mukh Nursikin., S.Ag.,
M. Si., M.Pd.
Perhatian :
Ujian Open Book
1. Jawaban ditulis pada lembar jawab (diketik
komputer)
2. Tuliskan nama dan NIM Anda
3. Jawablah pertanyaan- pertanyaan tersebut dengan cermat dan cerdas!
4. Kumpulkan Jawaban kepada ketua pada hari sabtu
sesuai dengan jadwal UAS.
5. Semua jawaban UAS dijadikan satu dalam satu
folder dikoordinir ketua kelas,
dikirimkan melalui Email dosen dengan alamat email: ayahnursikin@gmail.com
(daftar hadir pengumpulan uas)
1. Anda sudah mempelajari
Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai, Coba Anda jelaskan apa saja manfaat
mempelajari Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai?, jelaskan pengertian
Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai?, dan Ruang
lingkup Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai? Jelaskan..!
2. Pendidikan adalah proses
memanusiakan manusia. Untuk meraih derajat manusia seutuhnya sangatlah tidak
mungkin tanpa melalui proses pendidikan. Dalam konteks ini pendidikan
nilai (karakter) memainkan peran penting dalam memandu guru untuk melaksanakan
tugas sebagai pendidik dalam melayani kebutuhan kegiatan belajar mengajar
disekolah, juga dimaksudkan sebagai langkah awal sebelum
proses pembelajaran berlangsung. jelaskan dan analisislah pernyataan dibawah ini?
a.
Mengapa/untuk Pendekatan
dan Strategi Pendidikan Nilai perlu dikaji atau dipelajari?
b.
Apa yang menjadi
dasar/ landasan Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai?
c.
Bagaimana
cara merencanakan Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai
disekolah/madrasah?
3. Fakta mengatakan bahwa
negara-negara Islam tertinggal jauh dengan negara selain Islam, baik itu dari
segi pendidikan, ekonomi, produksi maupun kualitas sumber daya manusianya.
Fenomena ini dilukiskan seorang penulis Muslim Syria yang bernama Amir Syakib
Arsalan, dia menulis sebuah buku “Limadza Ta’akhara al-Mislimun, Wa
Limadza taqaddama Ghairuhum”? Jelaskan mengapa demikian ambil kacamata
akademik Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai! Serta Upaya-upaya apa
yang harus dilakukan? berikan argumentasi/interpretasi anda?
4. Berdasarkan
interpretasi para ahli Pendidikan, dewasa ini telah banyak menyajikan
model-model Pendidikan Nilai. Dimana setiap model memiliki kekhasan tertentu
baik dilihat dari keluasan pengembangan Pendidikan Nilai itu sendiri maupun
dilihat dari tahapan pengembangannya sesuai dengan pendekatannya. Jelaskan 3
model Pendidikan Nilai (karakter) disekolah anda atau dimana saja yang anda
ketahui. dan berikan argumentasi anda tentang kelebihan dan kekuranganya?
5. Dalam
implementasi Pendidikan Nilai diperlukan langkah-langkah konkrit
sebagai berikut yaitu perencanaan, pelaksanaan, implemetasi dan evaluasi,
jelaskan?
6. Hambatan-hambatan/kesulitan-kesulitan
Pendidikan Nilai (karakter) dapat terjadi dilembaga pendidikan dimana saja,
menurut anda dampak/hambatan-hambatan apa saja yang dapat mempengaruinya,
jelaskan?
MAN JADDA WA JADA
(BARANG SIAPA YANG BERSUNGGUH-SUNGGUH PASTI
AKAN BERHASIL)
SELAMAT MENGERJAKAN
Komentar
Posting Komentar