Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai (Pascasarjana)


PROGRAM PASCASARJANA PROGAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA
SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER
TAHUN AKADEMIK 2020/2021



Nama Mata Kuliah               :  Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai
Satuan Kredit Semester        :  3 sks                              
Kelas                                       : PAI Pascasarjana                                                
Hari/Tanggal                         :  Sabtu, Juni  2020
Dosen                                      : Dr. H. Mukh Nursikin., S.Ag., M. Si., M.Pd.      


Perhatian         :         Ujian Open Book
1.      Jawaban ditulis pada lembar jawab (diketik komputer)
2.      Tuliskan nama dan NIM Anda
3.      Jawablah pertanyaan- pertanyaan tersebut dengan cermat dan cerdas!
4.      Kumpulkan Jawaban kepada ketua pada hari sabtu sesuai dengan jadwal UAS.
5.      Semua jawaban UAS dijadikan satu dalam satu folder dikoordinir ketua kelas,  dikirimkan melalui Email dosen dengan alamat email:  ayahnursikin@gmail.com (daftar hadir pengumpulan uas)
           

1.  Anda sudah mempelajari Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai, Coba Anda jelaskan apa saja manfaat mempelajari Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai?, jelaskan pengertian Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai?, dan Ruang lingkup Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai? Jelaskan..!
2.  Pendidikan adalah proses memanusiakan manusia. Untuk meraih derajat manusia seutuhnya sangatlah tidak mungkin tanpa melalui proses pendidikan. Dalam konteks ini pendidikan nilai (karakter) memainkan peran penting dalam memandu guru untuk melaksanakan tugas sebagai pendidik dalam melayani kebutuhan kegiatan belajar mengajar disekolahjuga dimaksudkan sebagai langkah awal sebelum proses pembelajaran berlangsung.  jelaskan dan analisislah pernyataan dibawah ini?

a.       Mengapa/untuk Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai perlu dikaji atau dipelajari?
b.      Apa yang menjadi dasar/ landasan Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai?
c.       Bagaimana cara merencanakan Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai disekolah/madrasah?

3.   Fakta mengatakan bahwa negara-negara Islam tertinggal jauh dengan negara selain Islam, baik itu dari segi pendidikan, ekonomi, produksi maupun kualitas sumber daya manusianya. Fenomena ini dilukiskan seorang penulis Muslim Syria yang bernama Amir Syakib Arsalan, dia menulis sebuah buku “Limadza Ta’akhara al-Mislimun, Wa Limadza taqaddama Ghairuhum”? Jelaskan mengapa demikian ambil kacamata akademik Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai! Serta Upaya-upaya apa yang harus dilakukan? berikan argumentasi/interpretasi anda?
4.  Berdasarkan interpretasi para ahli Pendidikan, dewasa ini telah banyak menyajikan model-model Pendidikan Nilai. Dimana setiap model memiliki kekhasan tertentu baik dilihat dari keluasan pengembangan Pendidikan Nilai itu sendiri maupun dilihat dari tahapan pengembangannya sesuai dengan pendekatannya. Jelaskan 3 model Pendidikan Nilai (karakter) disekolah anda atau dimana saja yang anda ketahui. dan berikan argumentasi anda tentang kelebihan dan kekuranganya?
5.  Dalam implementasi Pendidikan Nilai diperlukan langkah-langkah konkrit sebagai berikut yaitu perencanaan, pelaksanaan, implemetasi dan evaluasi, jelaskan?
6. Hambatan-hambatan/kesulitan-kesulitan Pendidikan Nilai (karakter) dapat terjadi dilembaga pendidikan dimana saja, menurut anda dampak/hambatan-hambatan apa saja yang dapat mempengaruinya, jelaskan?



MAN JADDA WA JADA
(BARANG SIAPA YANG BERSUNGGUH-SUNGGUH PASTI AKAN BERHASIL)
SELAMAT MENGERJAKAN


Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP DASAR ETIKA PROFESI KEGURUAN

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) FILSAFAT ILMU

UAS KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM