UAS PENDEKATAN DAN STRATEGI PENDIDIKAN NILAI (PASCA 2019)
PASCASARJANA
PROGAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA
SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER
TAHUN AKADEMIK 2019/2020
Nama Mata Kuliah : Pendekatan
dan Strategi Pendidikan Nilai
Satuan
Kredit Semester : 3 sks
Kelas : 201
Hari/Tanggal : Sabtu,
Juni 2019
Dosen : Dr. H. Mukh Nursikin., S.Ag., M. Si., M.Pd.
Perhatian :
1. Ujian
Open Book
2. Jawaban ditulis pada
lembar jawab
(diketik komputer)
3. Tuliskan nama dan
NIM Anda
4. Jawablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan
cermat dan
cerdas!
5. Kumpulkan jawaban kepada ketua pada hari sabtu sesuai dengan jadwal UAS,
dan tanda tangan sebagai bukti mengerjakan UAS.
- Anda sudah mempelajari Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai, Coba Anda jelaskan apa saja manfaat mempelajari Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai?, jelaskan pengertian Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai?, dan Ruang lingkup Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai? Jelaskan..!
- Pendidikan adalah proses memanusiakan manusia. Untuk meraih derajat manusia seutuhnya sangatlah tidak mungkin tanpa melalui proses pendidikan. Dalam konteks ini pendidikan nilai (karakter) memainkan peran penting dalam memandu guru untuk melaksanakan tugas sebagai pendidik dalam melayani kebutuhan kegiatan belajar mengajar disekolah, juga dimaksudkan sebagai langkah awal sebelum proses pembelajaran berlangsung. jelaskan dan analisislah pernyataan dibawah ini?
a.
Mengapa/untuk Pendekatan
dan Strategi Pendidikan Nilai perlu
dikaji
atau dipelajari?
b.
Apa yang menjadi dasar/ landasan Pendekatan dan Strategi
Pendidikan Nilai?
c.
Bagaimana cara
merencanakan Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai disekolah/madrasah?
3.
Fakta mengatakan bahwa negara-negara Islam tertinggal
jauh dengan negara selain Islam, baik itu dari segi pendidikan, ekonomi,
produksi maupun kualitas sumber daya manusianya. Fenomena ini dilukiskan
seorang penulis Muslim Syria yang bernama Amir Syakib Arsalan, dia menulis
sebuah buku “Limadza Ta’akhara al-Mislimun, Wa Limadza taqaddama
Ghairuhum”? Jelaskan mengapa demikian ambil kacamata akademik Pendekatan dan Strategi
Pendidikan Nilai! Serta Upaya-upaya apa
yang harus dilakukan? berikan argumentasi/interpretasi anda?
4. Berdasarkan interpretasi para ahli Pendidikan, dewasa ini telah
banyak menyajikan model-model Pendidikan Nilai. Dimana setiap model memiliki
kekhasan tertentu baik dilihat dari keluasan pengembangan Pendidikan Nilai itu
sendiri maupun dilihat dari tahapan pengembangannya sesuai dengan
pendekatannya. Jelaskan 3 model Pendidikan Nilai (karakter) disekolah anda atau
dimana saja yang anda ketahui. dan berikan argumentasi anda tentang kelebihan
dan kekuranganya?
5.
Dalam implementasi Pendidikan Nilai diperlukan langkah-langkah konkrit sebagai berikut yaitu perencanaan,
pelaksanaan, implemetasi dan evaluasi, jelaskan?
6.
Hambatan-hambatan/kesulitan-kesulitan
Pendidikan Nilai (karakter) dapat terjadi dilembaga pendidikan dimana saja,
menurut anda dampak/hambatan-hambatan apa saja yang dapat mempengaruinya,
jelaskan?
MAN JADDA WA JADA
(BARANG
SIAPA YANG BERSUNGGUH-SUNGGUH PASTI AKAN BERHASIL)
SELAMAT MENGERJAKAN
Komentar
Posting Komentar