SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI
MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI
FTIK INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA
TAHUN AKADEMIK 2016/2017
TAHUN AKADEMIK 2016/2017
I. IDENTITAS
A. Mata Kuliah
1. Nama Mata Kuliah : Perencanaan Pembelajaran PAI
2. Bobot : 2 sks
3. Hari/ Jam Kuliah : senin, selasa, rabu waktu sesuai dengan jadwal fakultas
4. Ruang Kuliah : Gedung FTIK IAIN Salatiga
6. Semester/Prodi : 6 / PAI
3. Hari/ Jam Kuliah : senin, selasa, rabu waktu sesuai dengan jadwal fakultas
4. Ruang Kuliah : Gedung FTIK IAIN Salatiga
6. Semester/Prodi : 6 / PAI
B. Identitas Dosen
1. Nama : Dr. H. Mukh Nursikin., S.Ag., M.Si., M.Pd
2. Alamat : Jl Golo no. 34 Pandean Umbulharjo Yogyakarta.
1. Nama : Dr. H. Mukh Nursikin., S.Ag., M.Si., M.Pd
2. Alamat : Jl Golo no. 34 Pandean Umbulharjo Yogyakarta.
4. No. Telp : 0274. 4530982/ Hp,
081 826 3748
II. DESKRIPSI SINGKAT
Suatu gedung yang kuat dan kokoh bila dilandasi dengan pondasi yang kuat.
Demikian pula dengan pendidikan, wabilkhusus khususon pendidikan Islam akan kokoh
dan kuat bila dilandasi dengan filosofis dan keilmuan yang kuat yang
berdasarkan al-quran dan hadis serta pemikiran para tokoh-tokoh pendidikan
Islam. Mata kuliah ini mengkaji pelbagai aspek teoritis maupun praktik yang berkaitan dengan Perencanaan
pembelajaran PAI. Mata kuliah ini berfungsi membekali mahasiswa untuk menkaji, menelaah dan memahami secara komprehensif baik secara teoritik
dan bersifat praktis
tentang Konsep dasar dan berbagai
pengertian perencanaan pembelajaran PAI, Hakikat dan dimensi-dimensi perencanaan pembelajaran PAI, Peranan dan fungsi
perencanaan pembelajaran PAI Komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAI, Pembelajaran
sebagai suatu sistem Kurikulum berbasis kompetensi 2004, KTSP 2006, kurikulum
2013, Teknik penyusunan, perencanaan pembelajaran/pengajaran PAI, Pengembangan pembelajaran PAI, Model-model pembelajaran PAI, Langkah-langkah
penyusunan instrumen dan analisis instrumen, Bentuk-bentuk instrumen
pembelajaran, pengskorannya dan analisis instrumen Profil hasil belajar dan
Evaluasi hasil belajar, Pendekatan, strategi dan
model rancangan penilian pembelajaran dan tugas, Praktik penyusunan RPP, pemetaan
kompetensi, indikator, dan tujuan Pembelajaran dari silabi, Pemetaan metode mengajar dan media
pembelajaran, Evaluasi pembelajaran PAI
III. KOMPETENSI DASAR
Setelah mengikuti perkuliahan Perencanaan pembelajaran PAI, mahasiswa
diharapkan dapat memiliki wawasan
yang komprehensif baik secara teoritis maupun praktis
berkenaan dengan pembelajaran PAI. Berkenaan dengan Konsep dasar dan berbagai pengertian perencanaan pembelajaran
PAI, Hakikat dan dimensi-dimensi perencanaan
pembelajaran PAI, Peranan dan fungsi perencanaan pembelajaran PAI Komponen-komponen
perencanaan pembelajaran PAI, Pembelajaran sebagai suatu sistem Kurikulum
berbasis kompetensi 2004, KTSP 2006, kurikulum
2013, Teknik penyusunan, perencanaan pembelajaran/pengajaran PAI, Pengembangan pembelajaran PAI, Model-model pembelajaran PAI, Langkah-langkah
penyusunan instrumen dan analisis instrumen, Bentuk-bentuk instrumen
pembelajaran, pengskorannya dan analisis instrumen Profil hasil belajar dan Evaluasi
hasil belajar, Pendekatan, strategi dan
model rancangan penilian pembelajaran dan tugas, Praktik penyusunan RPP, pemetaan
kompetensi, indikator, dan tujuan Pembelajaran dari silabi, Pemetaan metode mengajar dan media
pembelajaran, Evaluasi pembelajaran PAI
.
IV. INDIKATOR STANDAR KOMPETENSI
1.
Konsep dasar dan berbagai pengertian perencanaan pembelajaran
PAI
2.
Hakikat dan dimensi-dimensi perencanaan pembelajaran
PAI
3.
Peranan dan fungsi perencanaan
pembelajaran PAI
4.
Komponen-komponen perencanaan
pembelajaran PAI
5.
Pembelajaran sebagai suatu sistem
6.
Kurikulum berbasis kompetensi (KBK)
2004, KTSP 2006, kurikulum
2013
7.
Teknik
penyusunan perencanaan pembelajaran/pengajaran PAI
8.
Pengembangan pembelajaran PAI
9.
Model-model pembelajaran PAI
10.
Langkah-langkah penyusunan
instrumen dan analisis instrumen
11.
Bentuk-bentuk instrumen
pembelajaran, pengskorannya dan analisis instrumen
12.
Profil hasil belajar dan Evaluasi
hasil belajar
13.
Pendekatan, strategi dan model rancangan penilian pembelajaran dan tugas
14.
Praktik penyusunan RPP, pemetaan
kompetensi, indikator, dan tujuan
Pembelajaran
dari silabi
15.
Pemetaan metode mengajar dan
media pembelajaran
16.
Evaluasi pembelajaran PAI
V.
METODE
PERKULIAHAN
Ceramah,
Tanya-jawab, Cooperatif learning, Diskusi, Makalah/Penugasan
mandiri dan kelompok , UTS, UAS.
VI. PENDEKATAN DAN SRTATEGI PERKULIAHAN
Dalam proses
pembelajaran menggunakan 2 pendekatan, pertama humanistic learning dengan menghargai
penuh pengetahuan mahasiswa dan
pendekatan konstruktivisme,
dalam strategi pembelajaran menggunakan aktif
learning yang memungkinkan mahasiswa berperan aktif dalam proses
perkuliahan. 2. Pendekatan MUKIDI (Menyenangkan, Unik, Kreatif, Inovatif,
Demokratis Dan Inspiratif
VII. TUGAS MANDIRI
1.
Membaca buku yang relevan dengan perencanaan
pembelajaran PAI (tugas book review) dikumpulkan
pada pertemuan keempat.
2.
Membuat makalah tentang (pemikiran)
atau konsep perencanaan pembelajaran PAI
menyoroti 2 orang tokoh atau
lebih dalam konteks pembelajaran dari
negara-negara yang berbeda yang ada di dunia.
3.
Tugas dikerjakan secara individu/mandiri
4.
Makalah diketik spasi tunggal
minimal 5 halaman
5.
Dikumpulkan sebagai
tugas UTS
VIII. TUGAS KELOMPOK
1.
Membuat makalah sesuai dengan
topik standar kompentensi perkuliahan
2.
Tugas dikerjakan secara berkelompok (3/4 mahasiswa) .
3.
Makalah diketik 1.5 spasi times
new roman
4.
Dipresentasikan
pertemuan minggu keempat: yaitu 2 kelompok
6.
Sistematika penulisan,
Pendahuluan, pembahasan, analisis, implikasi, kesimpulan dan daftar pustaka.
7.
Ada persoalan dengan tugas dapat
menghubungi dosen ke nomor. 081 826 3748.
IX. KOMPONEN PENILAIAN
Penilaian dapat dilakuan dalam bentuk, kehadiran, penugasan, keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran, Makalah/penugasan mandiri atau kelompok, presentasi dan partisipasi serta ujian tulis baik UTS maupun UAS.
Penilaian dapat dilakuan dalam bentuk, kehadiran, penugasan, keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran, Makalah/penugasan mandiri atau kelompok, presentasi dan partisipasi serta ujian tulis baik UTS maupun UAS.
Aspek penilaian
|
Persentase %
|
Kehadiran /Keaktifan dalam
pembelajaran
|
10
|
Makalah/penugasan, presentasi dan
partisipasi
|
30
|
Ujian Tengah Semester
|
30
|
Ujian akhir semester
|
30
|
Jumlah
|
100
|
X. BUKU SUMBER
1.
Athiyah, al-Abrasyi, (1998) Muhammad, al-Tarbiyah al-Islamiyah wa-Falsafatuha, Mesir: Isa
al-Ababi al-Halabi wa syirkahu
2.
Al-Syaibany, Omar Mohammad al-Toumy, (1999) Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan
Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang
3.
Abbas, Hafid, (2003) Reformasi Filosofis Pendidikan Islam, dalam A. Syafi’i Ma’arif, Islam dan Pengembangan Disiplin Ilmu Sebuah
Transformasi Ilmu, Yogyakarta: LPPI UMY,.
4.
Al-Syaibany, Omar Mohammad al-Toumy, (1979) Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan
Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang
5.
Akhmad Sudrajat, M.Pd. (2001) Kurikulum dan
Pembelajaran Dalam Paradigma Baru, Yogyakarta: Paramitra Publishing,.
6. Asnelly
Ilyas, Evaluasi Pendidikan. (2006) Batusangkar : STAIN
Batusangkar
7.
Crow and Crow, (1990) Pengantar
Ilmu Pendidikan, Yogyakarta: Rake
Sarasin,
8.
Creswell, John W, (2003) Research Desing, Qualitative & Quantitative Approach, Jakarta:
KIK Press,.
9.
Hamid, Syarif, (1995) Pengenalan Kurikulum Sekolah dan
Madrasah, Bandung: Citra Umbara,.
10.
Hamilton, David, (1998) Curricullum Evaluation, London: Open Book Publishing Ltd,
11.
Has, Glen, (1976) Curriculum Plainning a New Approach, Boston: Ally Ang Bacon Inc,.
12. Tyler. Ralp
W (1949) Basic principles of curriculum
and instruction. Chicago: The University of Chicago
13. Kurikulum SMP/MTS/dan
SMA/MA tahun 2004
14. Ornstein,
Allan C. dan Francis P. Hunkins(1988) Curriculum:
foundation, principles and issues. New Jersey: Prentice Hall Englewood
Cliffs..
15.
Syaiful Sagala, (2010) Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Penerbit Alfabet,.
16. S. Nasution (2008) Kurikulum dan pengajaran. Jakarta: Bina Aksara..
17. Suharsimi
Arikunto, (2007) Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi
Aksara
18. Oemar Malik (2007) Pengembangan
kurikulum. Bandung: Mandar Maju..
19. Nana
Sudjana, (2000).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
20. Mulyasa. Kurikulum tingkat satuan pendidikan.
Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006.
21. Panduan
Pengembangan Silabus PAI.. Jakarta: Diknas.2006.
22. Panduan
Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP. 2006.
23. Supiana. M.
Karman.. Materi pendidikan agama Islam.
Bandung: Remaja Rosdakarya. 2011.
24. Permendiknas
No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
25. dan
buku-buku lain yang relevan.
Yogyakarta, 13 Februari 2017
Dosen Pengampu,
Dr. H. Mukh Nursikin., S.Ag., M.Si. M.Pd
Komentar
Posting Komentar