SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI
FTIK INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA
TAHUN AKADEMIK 20
16/2017

I. IDENTITAS
A. Mata Kuliah
1. Nama Mata Kuliah :
Perencanaan Pembelajaran PAI
2.  Bobot                     : 2 sks
3. Hari/ Jam Kuliah
     : senin, selasa, rabu waktu sesuai dengan jadwal fakultas
4. Ruang Kuliah
         :  Gedung FTIK IAIN Salatiga
6. Semester/Prodi
       :  6 / PAI
B. Identitas Dosen
1.
 Nama          : Dr. H. Mukh Nursikin., S.Ag., M.Si., M.Pd
2.  Alamat       : Jl  Golo no. 34 Pandean Umbulharjo Yogyakarta.
3.  Email          : ayahnursikin@gmail.com
4. No. Telp      : 0274. 4530982/ Hp, 081 826 3748


II. DESKRIPSI SINGKAT
Suatu gedung yang kuat dan kokoh bila dilandasi dengan pondasi yang kuat. Demikian pula dengan pendidikan, wabilkhusus khususon pendidikan Islam akan kokoh dan kuat bila dilandasi dengan filosofis dan keilmuan yang kuat yang berdasarkan al-quran dan hadis serta pemikiran para tokoh-tokoh pendidikan Islam. Mata kuliah ini mengkaji pelbagai aspek teoritis maupun praktik yang berkaitan dengan Perencanaan pembelajaran PAI. Mata kuliah ini berfungsi membekali mahasiswa untuk menkaji, menelaah dan memahami secara komprehensif baik secara teoritik dan bersifat praktis tentang Konsep dasar dan berbagai pengertian perencanaan pembelajaran PAI, Hakikat dan dimensi-dimensi perencanaan pembelajaran PAI, Peranan dan fungsi perencanaan pembelajaran PAI Komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAI, Pembelajaran sebagai suatu sistem Kurikulum berbasis kompetensi 2004, KTSP 2006, kurikulum 2013, Teknik penyusunan, perencanaan pembelajaran/pengajaran PAI, Pengembangan pembelajaran PAI, Model-model pembelajaran PAI, Langkah-langkah penyusunan instrumen dan analisis instrumen, Bentuk-bentuk instrumen pembelajaran, pengskorannya dan analisis instrumen Profil hasil belajar dan Evaluasi hasil belajar, Pendekatan, strategi dan model rancangan penilian pembelajaran dan tugas, Praktik penyusunan RPP, pemetaan kompetensi, indikator, dan tujuan Pembelajaran dari silabi,  Pemetaan metode mengajar dan media pembelajaran, Evaluasi pembelajaran PAI


III. KOMPETENSI DASAR
Setelah mengikuti perkuliahan Perencanaan pembelajaran PAI,   mahasiswa   diharapkan dapat memiliki wawasan yang komprehensif baik secara teoritis maupun praktis berkenaan dengan pembelajaran PAI. Berkenaan dengan Konsep dasar dan berbagai pengertian perencanaan pembelajaran PAI, Hakikat dan dimensi-dimensi perencanaan pembelajaran PAI, Peranan dan fungsi perencanaan pembelajaran PAI Komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAI, Pembelajaran sebagai suatu sistem Kurikulum berbasis kompetensi 2004, KTSP 2006, kurikulum 2013, Teknik penyusunan, perencanaan pembelajaran/pengajaran PAI, Pengembangan pembelajaran PAI, Model-model pembelajaran PAI, Langkah-langkah penyusunan instrumen dan analisis instrumen, Bentuk-bentuk instrumen pembelajaran, pengskorannya dan analisis instrumen Profil hasil belajar dan Evaluasi hasil belajar, Pendekatan, strategi dan model rancangan penilian pembelajaran dan tugas, Praktik penyusunan RPP, pemetaan kompetensi, indikator, dan tujuan Pembelajaran dari silabi,  Pemetaan metode mengajar dan media pembelajaran, Evaluasi pembelajaran PAI
.
 IV. INDIKATOR STANDAR KOMPETENSI
1.         Konsep dasar dan berbagai pengertian perencanaan pembelajaran PAI 
2.         Hakikat dan dimensi-dimensi perencanaan pembelajaran PAI 
3.         Peranan dan fungsi perencanaan pembelajaran PAI 
4.         Komponen-komponen perencanaan pembelajaran PAI 
5.         Pembelajaran sebagai suatu sistem
6.         Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) 2004, KTSP 2006, kurikulum 2013
7.         Teknik penyusunan perencanaan pembelajaran/pengajaran PAI 
8.         Pengembangan pembelajaran PAI 
9.         Model-model pembelajaran PAI 
10.     Langkah-langkah penyusunan instrumen dan analisis instrumen
11.     Bentuk-bentuk instrumen pembelajaran, pengskorannya dan analisis instrumen
12.     Profil hasil belajar dan Evaluasi hasil belajar
13.     Pendekatan, strategi dan model rancangan penilian pembelajaran dan tugas
14.     Praktik penyusunan RPP, pemetaan kompetensi, indikator, dan tujuan
        Pembelajaran dari silabi
15.     Pemetaan metode mengajar dan media pembelajaran
16.     Evaluasi pembelajaran PAI


V.      METODE PERKULIAHAN
Ceramah, Tanya-jawab, Cooperatif  learning, Diskusi, Makalah/Penugasan mandiri dan kelompok , UTS, UAS.

VI.   PENDEKATAN DAN SRTATEGI PERKULIAHAN
Dalam proses pembelajaran menggunakan 2 pendekatan, pertama humanistic learning dengan menghargai penuh pengetahuan mahasiswa dan pendekatan konstruktivisme, dalam strategi pembelajaran menggunakan aktif learning yang memungkinkan mahasiswa berperan aktif dalam proses perkuliahan. 2. Pendekatan MUKIDI (Menyenangkan, Unik, Kreatif, Inovatif, Demokratis Dan Inspiratif

VII.     TUGAS MANDIRI
1.      Membaca buku yang relevan dengan perencanaan pembelajaran PAI  (tugas book review) dikumpulkan pada pertemuan keempat.
2.      Membuat makalah tentang (pemikiran) atau konsep perencanaan pembelajaran PAI  menyoroti 2  orang tokoh atau lebih  dalam konteks pembelajaran dari negara-negara yang berbeda yang ada di dunia.
3.      Tugas dikerjakan secara  individu/mandiri
4.      Makalah diketik spasi tunggal minimal 5 halaman
5.      Dikumpulkan sebagai tugas UTS
6.      Tulisan juga dikirim melalui internet dengan alamat email; ayahnursikin@gmail.com


VIII.  TUGAS KELOMPOK
1.      Membuat makalah sesuai dengan topik standar kompentensi perkuliahan
2.      Tugas dikerjakan secara berkelompok (3/4 mahasiswa) .
3.      Makalah diketik 1.5 spasi times new roman
4.      Dipresentasikan pertemuan minggu keempat: yaitu 2 kelompok
5.      Tulisan juga dikirim melalui internet dengan alamat email; ayahnursikin@gmail.com
6.      Sistematika penulisan, Pendahuluan, pembahasan, analisis, implikasi, kesimpulan dan daftar pustaka.
7.      Ada persoalan dengan tugas dapat menghubungi dosen ke nomor. 081 826 3748.

IX. KOMPONEN PENILAIAN
Penilaian dapat dilakuan dalam bentuk, kehadiran, penugasan, keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran, Makalah/penugasan mandiri atau kelompok, presentasi dan partisipasi serta ujian tulis baik UTS maupun UAS.
Aspek penilaian
Persentase %
Kehadiran /Keaktifan dalam pembelajaran
10
Makalah/penugasan, presentasi dan partisipasi
30
Ujian Tengah Semester
30
Ujian akhir semester
30
Jumlah
100

X. BUKU SUMBER
1.      Athiyah, al-Abrasyi, (1998) Muhammad, al-Tarbiyah al-Islamiyah wa-Falsafatuha, Mesir: Isa al-Ababi al-Halabi wa syirkahu
2.      Al-Syaibany, Omar Mohammad al-Toumy, (1999) Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang
3.      Abbas, Hafid, (2003) Reformasi Filosofis Pendidikan Islam, dalam A. Syafi’i Ma’arif, Islam dan Pengembangan Disiplin Ilmu Sebuah Transformasi Ilmu, Yogyakarta: LPPI UMY,.
4.      Al-Syaibany, Omar Mohammad al-Toumy, (1979) Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang
5.      Akhmad Sudrajat, M.Pd. (2001) Kurikulum dan Pembelajaran Dalam Paradigma Baru, Yogyakarta: Paramitra Publishing,.
6.      Asnelly Ilyas, Evaluasi Pendidikan. (2006) Batusangkar : STAIN Batusangkar
7.      Crow and Crow, (1990)  Pengantar Ilmu Pendidikan,  Yogyakarta: Rake Sarasin,
8.      Creswell, John W, (2003) Research Desing, Qualitative & Quantitative Approach, Jakarta: KIK Press,.
9.      Hamid, Syarif, (1995) Pengenalan Kurikulum  Sekolah dan Madrasah, Bandung: Citra Umbara,.
10.  Hamilton, David, (1998) Curricullum Evaluation, London: Open Book Publishing  Ltd,
11.  Has, Glen, (1976) Curriculum Plainning a New Approach, Boston: Ally Ang Bacon Inc,.
12.  Tyler. Ralp W (1949) Basic principles of curriculum and instruction. Chicago: The University of Chicago
13.  Kurikulum SMP/MTS/dan SMA/MA tahun 2004
14.  Ornstein, Allan C. dan Francis P. Hunkins(1988) Curriculum: foundation, principles and issues. New Jersey: Prentice Hall Englewood Cliffs..
15.  Syaiful Sagala, (2010) Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Penerbit Alfabet,.
16.  S. Nasution  (2008) Kurikulum dan pengajaran. Jakarta: Bina Aksara..
17.  Suharsimi Arikunto, (2007) Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara
18.  Oemar Malik  (2007) Pengembangan kurikulum. Bandung: Mandar Maju..
19.  Nana Sudjana, (2000).Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
20.  Mulyasa. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006.
21.  Panduan Pengembangan Silabus PAI.. Jakarta: Diknas.2006.
22.  Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP. 2006.
23.  Supiana. M. Karman.. Materi pendidikan agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2011.
24.  Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
25.  dan buku-buku lain yang relevan.

Yogyakarta, 13 Februari 2017
Dosen Pengampu,

Dr. H. Mukh Nursikin., S.Ag., M.Si. M.Pd



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP DASAR ETIKA PROFESI KEGURUAN

UAS WASATHIYAH ISLAM 2024

SOAL UAS PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAI 2017 Dr. H.M Nursikin