SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) MATA KULIAH KAJIAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM
SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
MATA KULIAH KAJIAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM
MATA KULIAH KAJIAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM
PASCASARJANA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN)
SALATIGA
TAHUN AKADEMIK 2016/2017
TAHUN AKADEMIK 2016/2017
I. IDENTITAS
A. Mata Kuliah
1. Nama Mata Kuliah : Kajian Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Dasar Islam
2. Bobot : 2 sks
3. Hari/ Jam Kuliah : Jumat, 14.40 -16.40 WIB
4. Ruang Kuliah : 206 Pascasarjana IAIN Salatiga
6. Semester/Prodi : II/PGMI Pasacasarjana IAIN Salatiga
3. Hari/ Jam Kuliah : Jumat, 14.40 -16.40 WIB
4. Ruang Kuliah : 206 Pascasarjana IAIN Salatiga
6. Semester/Prodi : II/PGMI Pasacasarjana IAIN Salatiga
B. Identitas Dosen
1. Nama : Dr. H. Mukh Nursikin., S.Ag., M.Si., M.Pd
2. Alamat : Jl Golo no. 34 Pandean Umbulharjo Yogyakarta.
1. Nama : Dr. H. Mukh Nursikin., S.Ag., M.Si., M.Pd
2. Alamat : Jl Golo no. 34 Pandean Umbulharjo Yogyakarta.
4. No.Telp/WA: 0274. 4530982/ Hp, 081 826 3748
II. DESKRIPSI SINGKAT
Suatu gedung yang kuat dan
kokoh bila dilandasi dengan pondasi yang kuat. Demikian pula dengan pendidikan,
wabilkhusus pendidikan Islam akan kokoh dan kuat bila dilandasi dengan
filosofis dan keilmuan yang kuat yang berdasarkan al-quran dan hadis serta pemikiran
para tokoh-tokoh pendidikan Islam. Mata kuliah ini mengkaji pelbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan kurikulum
dan pembelajaran
Pendidikan
Dasar Islam. Mata kuliah ini berfungsi
membekali
mahasiswa/guru/praktisi/pengembang kurikulum dsb untuk menkaji, menelaah dan memahami secara komprehensif baik secara teoritik
dan bersifat praktis
tentang konsep- konsep dasar
kurikulum yang berhubungan dengan,
kedudukan kurikulum dalam pendidikan dan pembelajaran, hakikat, komponen, landasan,
prinsip, fungsi dan peranan kurikulum, proses, model, inovasi, evaluasi kurikulum dan pembelajaran Pendidikan Dasar Islam.
III. KOMPETENSI DASAR
Setelah mengikuti perkuliahan kurikulum dan pembelajaran Pendidikan Dasar Islam, mahasiswa
diharapkan dapat memiliki wawasan
yang komprehensif baik secara teoritis maupun praktis
berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran Pendidikan Dasar Islam. Berkenaan
dengan konsep kurikulum,
meliputi: pengertian kurikulum; dimensi kurikulum; komponen-komponen kurikulum; landasan
dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; pendekatan dan model pengembangan
kurikulum; dan evaluasi
kurikulum. Khususnya
tentang pembelajaran
meliputi: hakikat pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran; prinsip-prinsip pembelajaran; pendekatan dan model pembelajaran. Berdasarkan pemahaman tersebut, diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan inovasi, juga evaluasi kurikulum dan pembelajaran Pendidikan Dasar Islam.
IV. INDIKATOR STANDAR KOMPETENSI
1.
Konsep dasar dan
berbagai pengertian kajian kurikulum dan
pembelajaran pendidikan dasar Islam
2.
Hakikat dan
dimensi-dimensi kajian kurikulum dan
pembelajaran pendidikan dasar Islam
3.
Peranan dan
fungsi kajian kurikulum dan pembelaran
pendidikan dasar Islam
4.
Komponen-komponen
kajian kurikulum dan pembelajaran
pendidikan dasar Islam
5.
Pembelajaran
sebagai suatu sistem
6.
Kurikulum
berbasis kompetensi (KBK) 2004, KTSP 2006, kurikulum 2013
7.
Teknik
penyusunan perencanaan pembelajaran pendidikan dasar Islam
8.
Filsafat
pendidikan dan implikasinya terhadap kurikulum dan Pembelajaran dasar Islam
9.
Proses dan model-model pengembangan kurikulum Pembelajaran dasar Islam
10. Langkah-langkah
penyusunan instrumen dan analisis instrumen
11. Bentuk-bentuk
instrumen pembelajaran, pengskorannya dan analisis instrumen
12. Profil
hasil belajar dan Evaluasi hasil belajar
13. Pendekatan,
strategi dan model rancangan penilian pembelajaran dan tugas
14. Praktik
penyusunan RPP, pemetaan kompetensi, indikator, dan tujuan serta Pembelajaran
dari silabi
15.
Inovasi pengembangan kurikulum dan pembelajaran Pendidikan Dasar Islam
16.
Evaluasi kurikulum dan pembelajaran Pendidikan Dasar Islam
V.
METODE
PERKULIAHAN
Ceramah,
Tanya-jawab, Cooperatif learning, Diskusi, Makalah/Penugasan
mandiri dan kelompok , UTS, UAS.
VI. PENDEKATAN DAN SRTATEGI PERKULIAHAN
Dalam proses
pembelajaran menggunakan 2 pendekatan, pertama humanistic learning dengan menghargai
penuh pengetahuan mahasiswa dan
pendekatan konstruktivisme,
dalam strategi pembelajaran menggunakan aktif
learning yang memungkinkan mahasiswa berperan aktif dalam proses
perkuliahan. 2. Pendekatan MUKIDI (Menyenangkan, Unik, Kreatif, Inovatif,
Demokratis Dan Inspiratif
VII. TUGAS MANDIRI
1.
Membaca buku yang relevan dengan
kajian kurikulum dan pembelajaran pendidikan Dasar (tugas book review) dikumpulkan pada pertemuan
ketiga.
2.
Membuat makalah tentang (pemikiran)
atau konsep kurikulum dan pembelajaran dasar islam, menyoroti 2 tokoh dalam
konteks kurikulum dan pembelajaran dari negara-negara yang berbeda yang ada di
dunia.
3.
Tugas dikerjakan secara individu/mandiri
4.
Makalah diketik spasi tunggal
minimal 5 halaman
5.
Dikumpulkan sebagai
tugas UTS
VIII. TUGAS KELOMPOK
1.
Membuat makalah sesuai dengan
topik standar kompentensi perkuliahan
2.
Tugas dikerjakan secara berkelompok (2 mahasiswa) .
3.
Makalah diketik 1.5 spasi times
new roman
4.
Dipresentasikan
pertemuan minggu keempat: yaitu 2 kelompok
6.
Sistematika penulisan,
Pendahuluan, pembahasan, analisis, implikasi, kesimpulan dan daftar pustaka.
7.
Ada persoalan dengan tugas dapat
menghubungi dosen ke nomor. 081 826 3748.
IX. KOMPONEN PENILAIAN
Penilaian dapat dilakuan dalam bentuk, kehadiran, penugasan, keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran, Makalah/penugasan mandiri atau kelompok, presentasi dan partisipasi serta ujian tulis baik UTS maupun UAS.
Penilaian dapat dilakuan dalam bentuk, kehadiran, penugasan, keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran, Makalah/penugasan mandiri atau kelompok, presentasi dan partisipasi serta ujian tulis baik UTS maupun UAS.
Aspek penilaian
|
Persentase %
|
Kehadiran /Keaktifan dalam
pembelajaran
|
10
|
Makalah/penugasan, presentasi dan
partisipasi
|
30
|
Ujian Tengah Semester
|
30
|
Ujian akhir semester
|
30
|
Jumlah
|
100
|
X. BUKU SUMBER
1.
Athiyah, al-Abrasyi, Muhammad,
al-Tarbiyah al-Islamiyah wa-Falsafatuha, Mesir: Isa al-Ababi al-Halabi wa syirkahu, 1975.
2.
Al-Syaibany, Omar Mohammad al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan
Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1989.
3.
Abdullah, M. Amin, Pendidikan Islam dalam Peradaban Industrial, Yogyakarta: Aditya
Media, 2005.
4.
Abbas, Hafid, Reformasi Filosofis Pendidikan Islam, dalam A. Syafi’i Ma’arif, Islam dan Pengembangan Disiplin Ilmu Sebuah
Transformasi Ilmu, Yogyakarta: LPPI UMY, 2003.
5.
Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar-ruzz
Media, 2007.
6.
Al-Syaibany, Omar Mohammad al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan
Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
7.
Akhmad Sudrajat, M.Pd. Kurikulum dan Pembelajaran Dalam Paradigma Baru, Yogyakarta:
Paramitra Publishing, 2001.
8. Asnelly
Ilyas, Evaluasi Pendidikan. Batusangkar : STAIN Batusangkar. 2006.
9.
Crow and Crow, Pengantar Ilmu Pendidikan,
Yogyakarta: Rake Sarasin, 1990.
10.
Creswell, John W, Research Desing, Qualitative & Quantitative Approach, Jakarta:
KIK Press, 2003.
11.
Fajar, Malik, Madrasah dan Tantangan Modernitas, Bandung: Mizan, 1999.
12.
Gunawan, Dasar-dasar
dalam Pengembangan Kurikulum Sekolah, dalam http//pengembangankursek.com. diakses tanggal 25 agustus
2015.
13.
Hamid, Syarif, Pengenalan Kurikulum Sekolah dan
Madrasah, Bandung: Citra Umbara, 1995.
14.
Hamilton, David, Curricullum Evaluation, London: Open Book Publishing Ltd, 1976.
15.
Has, Glen, Curriculum
Plainning a New Approach, Boston: Ally Ang Bacon Inc, 1976.
16.
Hilda, Taba, Curriculum Development Theory and Practice, San Francissco:
Harcout, Brace & World, 1976.
17. Tyler. Ralp
W.. Basic principles of curriculum and
instruction. Chicago: The University of Chicago.1949.
18. Zais, Robert
S.. Curriculum: principle and foundation.
London: Harper & Row, Publishers. 1997.
19. Ornstein,
Allan C. dan Francis P. Hunkins. Curriculum:
foundation, principles and issues. New Jersey: Prentice Hall Englewood
Cliffs. 1988.
20.
Syaiful Sagala, Konsep
dan Makna Pembelajaran, Bandung: Penerbit Alfabet, 2010.
21. S.
Nasution.. Asas-asas kurikulum..
Bandung: Jemmars. 2009.
22. S. Nasution.
Kurikulum dan pengajaran. Jakarta:
Bina Aksara. 2008.
23. Suharsimi
Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi
Aksara 2007.
24. Oemar
Malik., Pengembangan kurikulum.
Bandung: Mandar Maju. 2007.
25.
----------, Kurikulum
dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi
Akasara, 2008.
26. Nana Syaodih
Sukmadinata. Pengembangan kurikulum.
Bandung: Remaja Rosdakarya. 2007.
27. Nana
Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya. 2000.
28. Mulyasa. Kurikulum tingkat satuan pendidikan.
Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006.
29. Panduan
Pengembangan Silabus PAI.. Jakarta: Diknas.2006.
30. Panduan
Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP. 2006.
31. Supiana. M.
Karman.. Materi pendidikan agama Islam.
Bandung: Remaja Rosdakarya. 2011.
32. Permendiknas
No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
33. dan
buku-buku lain yang relevan.
Yogyakarta, 17 februari 2017
Dosen Pengampu,
Dr. H. Mukh Nursikin., S.Ag., M.Si. M.Pd
Komentar
Posting Komentar