SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP) MATA KULIAH KAJIAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
MATA KULIAH KAJIAN KURIKULUM DAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN DASAR ISLAM
PASCASARJANA INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA
TAHUN AKADEMIK 20
16/2017

I. IDENTITAS
A. Mata Kuliah
1. Nama Mata Kuliah : Kajian Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Dasar Islam
2.  Bobot                     : 2 sks
3. Hari/ Jam Kuliah
     : Jumat, 14.40 -16.40 WIB
4. Ruang Kuliah
         : 206 Pascasarjana IAIN Salatiga
6. Semester/Prodi
       : II/PGMI Pasacasarjana IAIN Salatiga
B. Identitas Dosen
1.
 Nama          : Dr. H. Mukh Nursikin., S.Ag., M.Si., M.Pd
2.  Alamat       : Jl  Golo no. 34 Pandean Umbulharjo Yogyakarta.
3.  Email          : ayahnursikin@gmail.com
4. No.Telp/WA: 0274. 4530982/ Hp, 081 826 3748


II. DESKRIPSI SINGKAT
Suatu gedung yang kuat dan kokoh bila dilandasi dengan pondasi yang kuat. Demikian pula dengan pendidikan, wabilkhusus pendidikan Islam akan kokoh dan kuat bila dilandasi dengan filosofis dan keilmuan yang kuat yang berdasarkan al-quran dan hadis serta pemikiran para tokoh-tokoh pendidikan Islam. Mata kuliah ini mengkaji pelbagai aspek teoritis maupun praktis yang berkaitan dengan kurikulum dan pembelajaran Pendidikan Dasar Islam. Mata kuliah ini berfungsi membekali mahasiswa/guru/praktisi/pengembang kurikulum dsb untuk menkaji, menelaah dan memahami secara komprehensif baik secara teoritik dan bersifat praktis tentang konsep- konsep dasar kurikulum yang berhubungan dengan, kedudukan kurikulum dalam pendidikan dan pembelajaran, hakikat,  komponen, landasan, prinsip, fungsi dan peranan kurikulum, proses, model, inovasi, evaluasi kurikulum dan pembelajaran Pendidikan Dasar Islam.


III. KOMPETENSI DASAR
Setelah mengikuti perkuliahan kurikulum dan pembelajaran Pendidikan Dasar Islam mahasiswa   diharapkan dapat memiliki wawasan yang komprehensif baik secara teoritis maupun praktis berkenaan dengan kurikulum dan pembelajaran Pendidikan Dasar Islam. Berkenaan dengan konsep kurikulum, meliputi: pengertian kurikulum; dimensi kurikulum; komponen-komponen kurikulum; landasan dan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum; pendekatan dan model  pengembangan  kurikulum;  dan  evaluasi  kurikulum.  Khususnya  tentang  pembelajaran meliputi:  hakikat pembelajaran, komponen-komponen pembelajaran; prinsip-prinsip pembelajaran; pendekatan dan model pembelajaran. Berdasarkan pemahaman tersebut, diharapkan mahasiswa dapat mengaplikasikan  inovasi, juga evaluasi kurikulum dan pembelajaran Pendidikan Dasar Islam.




 IV. INDIKATOR STANDAR KOMPETENSI
1.        Konsep dasar dan berbagai pengertian kajian kurikulum dan  pembelajaran pendidikan dasar Islam
2.        Hakikat dan dimensi-dimensi kajian kurikulum dan  pembelajaran pendidikan dasar Islam
3.        Peranan dan fungsi kajian kurikulum dan  pembelaran pendidikan dasar Islam
4.        Komponen-komponen kajian kurikulum dan  pembelajaran pendidikan dasar Islam
5.        Pembelajaran sebagai suatu sistem
6.        Kurikulum berbasis kompetensi (KBK) 2004, KTSP 2006, kurikulum 2013
7.        Teknik penyusunan perencanaan pembelajaran pendidikan dasar Islam
8.        Filsafat pendidikan dan implikasinya terhadap kurikulum dan Pembelajaran dasar Islam
9.        Proses dan model-model pengembangan kurikulum Pembelajaran dasar Islam
10.    Langkah-langkah penyusunan instrumen dan analisis instrumen
11.    Bentuk-bentuk instrumen pembelajaran, pengskorannya dan analisis instrumen
12.    Profil hasil belajar dan Evaluasi hasil belajar
13.    Pendekatan, strategi dan model rancangan penilian pembelajaran dan tugas
14.    Praktik penyusunan RPP, pemetaan kompetensi, indikator, dan tujuan serta Pembelajaran dari silabi
15.    Inovasi pengembangan kurikulum dan pembelajaran Pendidikan Dasar Islam
16.    Evaluasi kurikulum dan pembelajaran Pendidikan Dasar Islam


V.      METODE PERKULIAHAN
Ceramah, Tanya-jawab, Cooperatif  learning, Diskusi, Makalah/Penugasan mandiri dan kelompok , UTS, UAS.

VI.   PENDEKATAN DAN SRTATEGI PERKULIAHAN
Dalam proses pembelajaran menggunakan 2 pendekatan, pertama humanistic learning dengan menghargai penuh pengetahuan mahasiswa dan pendekatan konstruktivisme, dalam strategi pembelajaran menggunakan aktif learning yang memungkinkan mahasiswa berperan aktif dalam proses perkuliahan. 2. Pendekatan MUKIDI (Menyenangkan, Unik, Kreatif, Inovatif, Demokratis Dan Inspiratif

VII.     TUGAS MANDIRI
1.      Membaca buku yang relevan dengan kajian kurikulum dan pembelajaran pendidikan Dasar  (tugas book review) dikumpulkan pada pertemuan ketiga.
2.      Membuat makalah tentang (pemikiran) atau konsep kurikulum dan pembelajaran dasar islam, menyoroti 2 tokoh dalam konteks kurikulum dan pembelajaran dari negara-negara yang berbeda yang ada di dunia.
3.      Tugas dikerjakan secara  individu/mandiri
4.      Makalah diketik spasi tunggal minimal 5 halaman
5.      Dikumpulkan sebagai tugas UTS
6.      Tulisan juga dikirim melalui internet dengan alamat email; ayahnursikin@gmail.com


VIII.  TUGAS KELOMPOK
1.      Membuat makalah sesuai dengan topik standar kompentensi perkuliahan
2.      Tugas dikerjakan secara berkelompok (2 mahasiswa) .
3.      Makalah diketik 1.5 spasi times new roman
4.      Dipresentasikan pertemuan minggu keempat: yaitu 2 kelompok
5.      Tulisan juga dikirim melalui internet dengan alamat email; ayahnursikin@gmail.com
6.      Sistematika penulisan, Pendahuluan, pembahasan, analisis, implikasi, kesimpulan dan daftar pustaka.
7.      Ada persoalan dengan tugas dapat menghubungi dosen ke nomor. 081 826 3748.

IX. KOMPONEN PENILAIAN
Penilaian dapat dilakuan dalam bentuk, kehadiran, penugasan, keaktifan mahasiswa dalam pembelajaran, Makalah/penugasan mandiri atau kelompok, presentasi dan partisipasi serta ujian tulis baik UTS maupun UAS.
Aspek penilaian
Persentase %
Kehadiran /Keaktifan dalam pembelajaran
10
Makalah/penugasan, presentasi dan partisipasi
30
Ujian Tengah Semester
30
Ujian akhir semester
30
Jumlah
100

X. BUKU SUMBER
1.      Athiyah, al-Abrasyi, Muhammad, al-Tarbiyah al-Islamiyah wa-Falsafatuha, Mesir: Isa al-Ababi al-Halabi wa syirkahu, 1975.
2.      Al-Syaibany, Omar Mohammad al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1989.
3.      Abdullah, M. Amin, Pendidikan Islam dalam Peradaban Industrial, Yogyakarta: Aditya Media, 2005.
4.      Abbas, Hafid, Reformasi Filosofis Pendidikan Islam, dalam A. Syafi’i Ma’arif, Islam dan Pengembangan Disiplin Ilmu Sebuah Transformasi Ilmu, Yogyakarta: LPPI UMY, 2003.
5.      Abdullah Idi, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar-ruzz Media, 2007.
6.      Al-Syaibany, Omar Mohammad al-Toumy, Falsafah Pendidikan Islam, terj. Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang, 1979.
7.      Akhmad Sudrajat, M.Pd. Kurikulum dan Pembelajaran Dalam Paradigma Baru, Yogyakarta: Paramitra Publishing, 2001.
8.      Asnelly Ilyas, Evaluasi Pendidikan. Batusangkar : STAIN Batusangkar. 2006.
9.      Crow and Crow, Pengantar Ilmu Pendidikan,  Yogyakarta: Rake Sarasin, 1990.
10.  Creswell, John W, Research Desing, Qualitative & Quantitative Approach, Jakarta: KIK Press, 2003.
11.  Fajar, Malik, Madrasah dan Tantangan Modernitas, Bandung: Mizan, 1999.
12.  Gunawan, Dasar-dasar dalam Pengembangan Kurikulum Sekolah, dalam http//pengembangankursek.com. diakses tanggal 25 agustus 2015.
13.  Hamid, Syarif, Pengenalan Kurikulum  Sekolah dan Madrasah, Bandung: Citra Umbara, 1995.
14.  Hamilton, David, Curricullum Evaluation, London: Open Book Publishing  Ltd, 1976.
15.  Has, Glen, Curriculum Plainning a New Approach, Boston: Ally Ang Bacon Inc, 1976.
16.  Hilda, Taba, Curriculum Development Theory and Practice, San Francissco: Harcout, Brace & World, 1976.
17.  Tyler. Ralp W.. Basic principles of curriculum and instruction. Chicago: The University of Chicago.1949.
18.  Zais, Robert S.. Curriculum: principle and foundation. London: Harper & Row, Publishers. 1997.
19.  Ornstein, Allan C. dan Francis P. Hunkins. Curriculum: foundation, principles and issues. New Jersey: Prentice Hall Englewood Cliffs. 1988.
20.  Syaiful Sagala, Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung: Penerbit Alfabet, 2010.
21.  S. Nasution.. Asas-asas kurikulum.. Bandung: Jemmars. 2009.
22.  S. Nasution. Kurikulum dan pengajaran. Jakarta: Bina Aksara. 2008.
23.  Suharsimi Arikunto, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara 2007.
24.  Oemar Malik., Pengembangan kurikulum. Bandung: Mandar Maju. 2007.
25.  ----------, Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Akasara, 2008.
26.  Nana Syaodih Sukmadinata. Pengembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2007.
27.  Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2000.
28.  Mulyasa. Kurikulum tingkat satuan pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2006.
29.  Panduan Pengembangan Silabus PAI.. Jakarta: Diknas.2006.
30.  Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: BSNP. 2006.
31.  Supiana. M. Karman.. Materi pendidikan agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2011.
32.  Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
33.  dan buku-buku lain yang relevan.

Yogyakarta, 17 februari 2017
Dosen Pengampu,


 Dr. H. Mukh Nursikin., S.Ag., M.Si. M.Pd



Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP DASAR ETIKA PROFESI KEGURUAN

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) FILSAFAT ILMU

UAS KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM