UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) PENDEKATAN DAN STRATEGI PEND NILAI 2022

 

PROGRAM PASCASARJANA PROGAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

UNIVERSITAS ISLAM NEGERI (IAIN) SALATIGA

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER

TAHUN AKADEMIK 2022/2023

 

 

 

Nama Mata Kuliah               :  Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai

Satuan Kredit Semester        :  3 sks                             

Kelas                                       : PAI Pascasarjana                                                

Hari/Tanggal                         :  Sabtu, 25 Juni  2022

Dosen                                      : Dr. H. Mukh Nursikin., S.Ag., M. Si., M.Pd.      

 

 

Perhatian         :         Ujian Open Book

1.     Jawaban ditulis pada lembar jawab (diketik komputer)

2.     Tuliskan nama dan NIM Anda

3.     Jawablah pertanyaan- pertanyaan tersebut dengan cermat dan cerdas!

4.     Kumpulkan Jawaban kepada ketua pada hari sabtu sesuai dengan jadwal UAS ATAU JADWAL KULIAH

5.     Semua jawaban UAS dijadikan satu dalam satu folder dikoordinir ketua kelas,  dikirimkan melalui Email dosen dengan alamat email:  ayahnursikin@gmail.com /WA 0818263748, MAKSIMAL JAM 00.00 WIB.

           

 

1.   Anda sudah mempelajari Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai, Coba Anda jelaskan apa saja manfaat mempelajari Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai?, jelaskan pengertian Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai?, dan Ruang lingkup Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai? Jelaskan..!

2.     Pendidikan adalah proses memanusiakan manusia. Untuk meraih derajat manusia seutuhnya sangatlah tidak mungkin tanpa melalui proses pendidikan. Dalam konteks ini pendidikan nilai (karakter) memainkan peran penting dalam memandu guru untuk melaksanakan tugas sebagai pendidik dalam melayani kebutuhan kegiatan belajar mengajar disekolahjuga dimaksudkan sebagai langkah awal sebelum proses pembelajaran berlangsung.  jelaskan dan analisislah pernyataan dibawah ini?

 

a.     Mengapa/untuk Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai perlu dikaji atau dipelajari?

b.     Apa yang menjadi dasar/ landasan  Pendidikan Nilai?

c.     Bagaimana cara merencanakan Pendidikan Nilai disekolah/madrasah?

 

3.     Fakta mengatakan bahwa negara-negara Islam tertinggal jauh dengan negara selain Islam, baik itu dari segi pendidikan, ekonomi, produksi maupun kualitas sumber daya manusianya. Fenomena ini dilukiskan seorang penulis Muslim Syria yang bernama Amir Syakib Arsalan, dia menulis sebuah buku “Limadza Ta’akhara al-Mislimun, Wa Limadza taqaddama Ghairuhum”? Jelaskan mengapa demikian ambil kacamata akademik Pendekatan dan Strategi Pendidikan Nilai! Serta Upaya-upaya apa yang harus dilakukan? berikan argumentasi/interpretasi anda?

4.     Berdasarkan interpretasi para ahli Pendidikan, dewasa ini telah banyak menyajikan model-model Pendidikan Nilai. Dimana setiap model memiliki kekhasan tertentu baik dilihat dari keluasan pengembangan Pendidikan Nilai itu sendiri maupun dilihat dari tahapan pengembangannya sesuai dengan pendekatannya. Jelaskan 3 model Pendidikan Nilai (karakter) disekolah anda atau dimana saja yang anda ketahui. dan berikan argumentasi anda tentang kelebihan dan kekuranganya? catatan harus ada TEORI!

5.     Dalam implementasi Pendidikan Nilai Khusunya adalah pada generasi melenial maka diperlukan langkah-langkah konkrit sebagai berikut yaitu perencanaan, pelaksanaan, implemetasi dan evaluasi, jelaskan?

6.     Hambatan-hambatan/kesulitan-kesulitan Pendidikan Nilai (karakter) dapat terjadi dilembaga pendidikan dimana saja, menurut anda dampak/hambatan-hambatan apa saja yang dapat mempengaruinya, jelaskan? Dan solusi konkrit?

 

 

 

MAN JADDA WA JADA

(BARANG SIAPA YANG BERSUNGGUH-SUNGGUH PASTI AKAN BERHASIL)

SELAMAT MENGERJAKAN

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KONSEP DASAR ETIKA PROFESI KEGURUAN

UJIAN AKHIR SEMESTER (UAS) FILSAFAT ILMU

UAS KAPITA SELEKTA PENDIDIKAN ISLAM